Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2013

Ilmu Sosial Budaya Dasar

1.     1.   Konflik atau usaha mengatasinya Menurut Robbin (1996) konflik adalah suatu proses interaksi yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian antara dua pendapat (sudut pandang) yang berpengaruh atas pihak-pihak yang terlibat baikpengaruh positif maupun pengaruh negatif. Apa-apa saja yang bisa memicu konflik ??? Apa-apa saja yang bisa memicu konflik ??? Perbedaan individu yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok. Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat. STRATEGI PENYELESAIAN KONFLIK   Pendekatan penyelesaian konflik oleh pemimpin dikategorikan dalam dua dimensi ialah kerjasama/tidak kerjasama dan tegas/tidak tegas. Dengan menggunakan kedua macam dimensi tersebut ada 5 macam pendekatan penyelesaian konflik ialah : 1. Kompetisi   Penyelesaian konflik yang menggambarkan satu pihak menga

Konsep, Tujuan Bisnis, serta Sistem, Lingkungan, dan Ciri-Ciri Perusahaan

Konsep, Tujuan Bisnis, serta Sistem, Lingkungan, dan Ciri-Ciri Perusahaan Di era globalisasi seperi saat ini pengetahuan mengenai Ekonomi Perusahaan, khususnya yang berkaitan dengan kondisi-kondisi perusahaan sangat penting untuk ditelaah secara mendalam oleh mahasiswa. Tidak hanya itu, di dalam Ekonomi Perusahaan tentu terdapat nilai bisnis yang akan dipelajari secara mendalam. Dalam perusahaan tentu tidak terlepas dari masalah bisnis dan kerjasama bisnis, karena melalui bisnis tersebutlah perusahaan tersebut berjalan menuju usaha serta visi misi yang ingin dicapai perusahaan tersebut. Di dalam buku Pengantar Bisnis, perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Sesuatu yang menginginkan suatu keuntungan dalam suatu usahatentu tak terlepas dari kata bisnis. Dalam kamus besar bahasa Indonesia disebutkan bah

Pengerian pasar oligopoli & monopoli

Pengerian pasar oligopoli & monopoli Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pasar terbesar (price leader). Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Di Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak dalam industri berat. Ciri-ciri oligopoli 1. Terdapat beberapa penjual 2. Barang yang dijual homogen atau beda corak 3. Sulit dima

Sumber Daya Manusia

1.      arti pelatihan dan pengolalaan SDM Pelatihan: proses mengajarkan karyawan baru atau yang ada   sekarang , keterampilan dasar yang mereka butuhkan untuk menjalamkan pekerjaan mereka. Pelatihan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan mutu SDM dalam dunia kerja. Pengelolaan SDM adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan tenaga kerja, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemutusan hubungan kerja dengan maksud untuk mencapai tujuan perorangan , organisasi dan masyarakat. b. maksud penilaian prestasi kerja : suatu cara dalam melakukan evaluasi terhadap prestasi kerja para pegwai dengan serangkaian tolak ukur tertentu yang objectif dan berkaitan dlangsung dengan tugas seseorang serta dilakukan secara berkala. c. tujuan penilaian kerja: _ meningkat kan prestasi kerja karyawan sampai setinggi” nya - merangsang minat dalam pengembangan pribadi - sebagai instrumen utama bagi pengembangan dan peningkata