Pasar Oligopoli, Monopoli dan Persaingan Sempurna
Pasar Oligopoli, Monopoli dan Persaingan Sempurna
PASAR MONOPOLI
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu produsen yang
menguasai pasar. Dengan kata lain satu penjual menguasai segala jenis
penawaran. Seseorang yang menguasai pasar monopoli disebut Monopolis.
Ciri-ciri dari pasar
monopoli yaitu:
1. hanya ada satu
produsen yang menguasai penawaran
2. tidak ada barang
subtitusi/pengganti yang mirip
3. produsen mutlak
menetukan harga
4. tidak ada
pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa
keunggulan perusahaan.
Kelebihan pasar
monopoli:
1. Keuntungan penjual
cukup tinggi.
2. Untuk produk yang
menguasai hajat hidup orang biasanya
diatur pemerintah.
Kelemahan pasar
monopoli:
1. Pembeli tidak ada
pilihan lain untuk membeli barang.
2. Keuntungan hanya
terpusat pada satu perusahaan.
3. Terjadi
eksploitasi pembeli.
Dampak negative
adanya monopoli, antara lain:
a. Timbulnya
ketidakstabilan harga.
b. Kecilnya volume
produksi menimbulkan adanya biaya sosial yaitu biaya yang ditanggung oleh
masyarakat.
c. Adanya unsur
ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi serendah-rendahnya
pada pasar faktor produksi dan dengan harga tinggi di pasar barang.
d. Kepentingan umum
banyak diabaikan, sebab orientasi usahanya hanya didasarkan atas untung rugi
saja.
PASAR OLIGOPOLI
Pasar oligopoli
adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat
penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar
oligopoli
Terdapat banyak
penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
Barang yang dijual
dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
Terdapat halangan
masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang
mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli
:
-Oligopoli murni yang
ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
-Oligopoli dengan
perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat
dibedakan.
Dampak negatif
oligopi terhadap perekonomian:
-Keuntungan yang yang
terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
-Timbul inifisiensi
produksi
-Eksploitasi terhadap
konsumen dan karyawan perusahaan
-Harga tinggi yang
relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
-Kebijakan pemerintah
dalam mengatasi oligopoli
-Pemerintah
mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan
persaingan
-Diberlakukannya
undang-undang anti kerja sama antar produsen.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan
sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual
dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga
terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan
permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi
harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa
yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua
produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang
berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi
dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/10/ciri-ciri-pasar-oligopoli.html
http://www.myherro.com/2011/05/pasar-monopoli.htmlhttp://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2243206-pasar-monopoli/
Komentar