Makalah Perkembangan Peserta Didik (Otak Manusia)


OTAK MANUSIA

Dosen Pembimbing:
Ibu Dwi Suharni H. S, Hj. S.Pd. M. M
Disusun oleh:
Achmad Yogi Wahyudi                    201214500198
Maymanah Islamiyah                      201214500200
Riza Mariana Natalia                      201214500205
Mely Riska                                      201214500206
Trinopita                                            201214500212
Siti Hawa                                           201214500213
Anisa Oktafiyanti                              201214500215
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah, Kelurahan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Telp. (021) 87797409
Website: http//www.unindra.ac.id Email: University@unindra ac.id


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat-Nya maka kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini yang berjudul “Otak Manusia”.
Penulisan makalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Perkembangan Peserta Didik Universitas Indra Prasta Fakultas Pendidikan Ekonomi Jakarta. Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Dalam penulisan makalah ini kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada :
1.    Ibu Dwi Suharni H.S, Hj. S.Pd.M.M selaku dosen pembimbing mata kuliah Perkembangan Peserta Didik yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pkiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka penyelesaian penyusunan makalah ini.
2.    Rekan-rekan semua di kelas Pendidikan Ekonomi Ekstensi.
3.    Secara khusus kami menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada kami.
4.    Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini.
Akhirnya kami berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

BAB I
Pembahasan
Nama : Achmad Yogi Wahyudi
NPM   : 201214500198
OTAK MANUSIA
Di saat berkembangnya IPTEK yang sangat cepat dan pesat belakangan ini, kita bangsa Indonesia, dan kita sebagai pengemban tanggung jawab turut mengembangkan potensi anak bangsa sekaligus mengembangkan pencerahan berfikir bagi diri kita sendiri dan tidak boleh tutup mata. Terlebih dalam pengembangan ilmu tentang otak, baik secara fisik maupun fungsinya yang telah dikaji, digali dan diteliti oleh para pakar medis, psikolog dan pendidik serta para agamawan dengan menunjukkan betapa pesat, cepat dan bahkan dahsyat perkembangan ilmu ini.
1.      KONSEP FISIK OTAK
Pengertian otak
Otak (encephalon) adalah pusat sistem saraf (central nervous system/CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrate lainnya. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostatis seperti tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dan segala bentuk pembelajaran lainnya.
            Otak terbentuk dari dua jenis sel, yaitu: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan ke seluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter. Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang dikenal dengan sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai hingga seratus milyar neuron.
            Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat ikatan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat mempengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif.

Hakikat Otak manusia
            Otak merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai pusat control dan kendali atas semua sistem di dalam tubuh. Otak juga merupakan pusat kecerdasan atau pusat kemampuan berfikir yang mulai dibentuk selang beberapa saat setelah terjadinya konsepsi (proses peleburan inti sel telur dan inti sel sperma).
Otak dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:
-          Otak bagian depan (ferobain), yang meliputi cuping pencium (pusat penciuman), dan belahan otak belakang (tempat kecerdasan)
-          Otak tengah, meliputi cuping yang berhubungan dengan mata yang merupakan pusat penglihatan.
-          Otak belakang, adalah bagian bokong yang meliputi otak besar (pusat koordinasi), medulla oblongata (pusat tindakan tanpa disengaja), medulla oblongata dilanjutkan hingga mengenai tulang belakang.
Bagian otak yang menghubungkan otak ke berbagai bagian-bagian dari badan antara lain:
-          Batang otak
Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar,
-          Sistem limbik
Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju (limbik bersal dari bahasa latin yang berarti kerah). Bagian otak ini sama dengan yang dimiliki hewan mamalia, sehingga sering disebut dengan otak mamalia.
-          Neokorteks
Di sinilah bersemayam kecerdasan yang membuat kita menjadi benar-benar manusia. Bagian ini berkaitan dengan fungsi melihat, mendengar, mencipta, berpikir, berbicara sesuai dengan bagiannya yaitu otak kiri dan otak kanan.
-          Otak kecil
Otak kecil (cerebellum) merupakan bagian terbesar otak belakang. Otak kecil terdiri atas dua belahan dan perkembangannya berlekuk-lekuk. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur sikap dan posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya seseorang tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya.
2.      FUNGSI OTAK
Fungsi otak adalah tatap muka, melihat, penciuman, mencicipi, berjalan, berpikir ingatan, mengingat kembali, dan lain-lain. Sesuai dengan fungsinya, otak dibedakan : otak kiri, otak kanan, dan otak tengah.
Otak kiri
Otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Otak kiri juga bertugas mengendalikan fungsi bagian badan sebelah kanan. Bila terjadi kerusakan pada otak kiri, maka akan terjadi pada gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa, dan matematika. Walaupun keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, tetapi setiap individu mempunyai kecenderungan untuk menggunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Setiap belahan otak saling mendominasi dalam aktivitas namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran.
Nama  : Maymanah Islamiyah
NPM   :  201214500200
Otak kanan
     Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik, dan warna. Daya  ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi keruskan otak kanan, misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi.Otak kanan bertugas menggerakan bagian badan adalah sebelah kiri. Otak kanan mengolah hal-hal yang berkaitan dengan irama, kesadaran ruang, imajinasi, melamun, warna, dimensi dan tugas-tugas yang membutuhkan kesadaran holistik atau keseluruhan. Istilah popular dalam kegiatan belahan otak kanan adalah: artistik, kreatif, naluriah.
           Bila seseorang memiliki kelemahan di area tertentu, kemudian dilatih, maka keterampilan dan kekuatan orang tersebut di area-area lain ikut menguat, misalnya: Si A lemah dalam keterampilan menggambar, kemudian dilatih menggambar dan melukis, maka kinerja akademisnya akan meningkat secara keseluruhan, terutama pada bidang-bidang seperti geometri dimana perpesi dan imajinasi berperan penting.
            Contoh lain adalah keterampilan yang dimiliki otak kanan yaitu melamun yang sangat penting bagi ketahanan hidup otak. Melamun memberi istirahat yang sangat diperlukan kepada bagian-bagian otak yang melakukan perkerjaan analitis dan pengulangan. Kebanyakan jenius besar menggunakan lamunan yang diarahkan untuk membantu mereka memecahkan masalah, menghasilkan ide dan mencapai tujuan.
Otak tengah
            Dalam kurun waktu 10 tahun penelitian, para pendiri yang terdiri dari ahli teknologi ilmiah computer Amerika, tenaga ahli dari Asosiasi Spesialis Komputer Inggris, serta pelatih dan Pelaksana Senior Sertifikasi Program Bahasa Internasional, telah berhasil menggunakan teknologi untuk membangkitkan fungsi potensial dari otak manusia, khususnya fungsi dari midbrain yang terletak ditengah-tengah otak kiri dan otak kanan. Fungsi midbrain adalah sebagai jembatan antara otak kiri dengan otak kanan, dan dalam kondisi tertidur interbrain manusia tidak dapat berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, fungsi interaktif antara otak kiri dan otak kanan mengalami keterbatasan.
            Saat ini banyak para ahli yang meneliti tentang bagaimana membantu keseimbangan operasional otak kanan dan otak kiri. Salah satu hasil dari penelitian tersebut diantaranya berupa mental-aritmatik, pengembangan seluruh otak dan lain sebagainya. Tujuan dari semua penelitian tersebut adalah untuk membantu menyeimbangkan penggunaan otak kanan dan otak kiri serta menggali potensi daya otak, yang mana hasilnya berbeda-beda.
            Sebuah penemuan baru dengan metode yang berbeda dengan lainnya, yaitu : berdasarkan ilmu psikologi yang luar biasa, teknik kejeniusan mutakhir, neurolinguistik, ilmu komunikasi, ilmu tingkah laku dan lain sebagainya, serta menggunakan teknologi computer ilmiah mutakhir, dalam waktu yang sangat pendek yaitu setengah hari dapat berhasil mengaktifkan midbrain anak-anak. Hal tersebut merupakan sebuah prestasi yang membuat decak kagum baik dari dalam maupun luar negeri karena merupakan suatu kehormatan bagi umat manusia modern. Pada umumnya, setelah midbrain diaktifkan, midbrain akan mengeluarkan gelombang otak untuk merasakan dan bereaksi terhadap benda-benda diluar (sebagai contoh : dengan mata tertutup tetapi bisa mengenal benda, huruf, warna, dan lain sebagainya), dan juga tentu saja daya ingat mengingatkan, daya konsentrasi dan daya tangkap membaik, emosi lebih stabil, hormone menjadi seimbang, dan sebagainya. Aktivitas tersebut jelas terlihat hasilnya bagi anak hiperaktif maupun anak dengan daya ingat yang lemah.
            Melalui teknik “Genius Mind”,  pelatihan ini dinamakan “Metode Belajar Midbrain”. Tujuan akhir yang ingin dicapai dengan mengaktifkan fungsi otak tengah (Midbrain) adalah membiasakan anak untuk senantiasa menjaga keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan tanpa harus memejamkan mata lagi, sehingga potensi terbesar daya otak dapat dikembangkan. Selain itu, hal tersebut bisa digunakan untuk menjawab ketimpangan dalam dunia pendidikan daya otak.
Otak Jantung
            Jantung memiliki peran luar biasa dalam kehidupan manusia. Salah satunya mengatakan bahwa peran fitrah jantung adalah sebagai penghubung pertama antara tubuh fisik dengan penciptanya. Jantung mulai berdetak pada janin sebelum otak terbentuk, oleh karena itu jantung sebetulnya merupakan pemrakarsa utama kehidupan manusia. Di jantung ada lebih dari 40 ribu sel (neuron), dan ini menandakan bahwa jantung memiliki system saraf sendiri yang sering disebut otak didalam jantung. Secara ilmiah, ini mendukung pengajaran banyak agama di dunia bahwa jantung adalah tempat jiwa manusia. Oleh karena itu ajaran spiritual menganajurkan bahwa sudah tugas manusia untuk menggabungkan bersama  energi jantung mereka ke dalam hati yang damai. Dikatakan lagi, para ahli menyebutkan bahwa jantung mempunyai system komunikasi yang lebih luas dan jauh dengan otak daripada di lakukan organ-organ tubuh yang lain.

Nama  : Riza Mariana Natalia
NPM   : 201214500205
a.      Perkembangan fungsi otak
Fungsi otak berkembang sangat cepat pada usia balita, oleh sebab itu usia ini di sebut Golden Age.  Otak tengah, dapat mengakses secara cepat dan mudah pada usia 5-12 tahun. Bila dilatih dengan serius, maka anak akan belajar membaca dan menghafal lebih cepat. Serta bisa juga mengaktivasi pendengaran dan penglihatan. Artinya jika otak tengah diaktifkan maka akan terjadi keseimbangan kerja otak kanan dan kiri.
Doug Hall mengatakan bahwa dominasi kerja otak (kanan/kiri) itu mempengaruhi kepribadian seseorang. Dominas otak kanan menunka kepribadian yang : humoris, simple, menyenangkan, spontan dan bebas. Otak kanan juga sebagai pengendali emotional intelligence, berseni (khususnya musik dan warna), secara kreatif.
b.      Otak, kecerdasan dan seni
Kecerdasan atau intelejensi adalah kemampuan atau mental ability, kecakapan potensial atau general aptitude.
Hasil kerja kecerdasan ini meliputi :
1.      Perilaku kognitif ; mengamati, mencerna, dan menciptakan.
2.      Perilaku konatif ; dorongan dari dalam indnividu seperti kemauan, motif, kehendak
3.      Perilaku Afektif ; perilaku yang bersentuhan dengan perasaan seperti senang, sedih & cinta
Menurut para pakar atau ilmuan mengenai kecerdasan :
1.      Benjamin. S. Bloom, mengatakan kecerdasan meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor
2.      Daniel Goleman, menambahkan bahwa kecerdasan mencakup juga kecerdasan emosional atau E I (emotional Intellegence)
Emotional Intelligences di bagi menjadi 5 bidang kompetensi :
                               I.            Pertama, kemampuan untuk mengenal emosi dirinya sendiri serta memahami hubungan anatara emosi,pikiran dan tindakan.
                            II.            Kedua, kemampuan untuk mengelola emosi ; dapat mengatur perasaan dengan tepat.
                         III.            Ketiga, kemampuan untuk memotivasi diri sendiri ; biasanya dengan sikap optimis dan berfikir positif.
                         IV.            Keempat, kemampuan untuk membaca dan mengenal emosi orang lain (empati)
                            V.            Kelima, kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain.
3.      Danah Zonar dan Ian Marshall, berpendapat bahwa cerdas tidak haya IQ tetapi juga SI, orang yang cerdas adalah mereka yang memiliki kognitif,afektif,psikomotor,EI dan SI yang tinggi.
4.      Howard Gardner, merumuskan teori kecerdasan terdiri dari 9 kecerdasan :
                               I.            Kecerdasan Linguistik
                            II.            Kecerdasan Logika-Matematika
                         III.            Kecerdasan Intrapersoanal
                         IV.            Kecerdasan Interpersoanal
                            V.            Kecerdasan Musikal
                         VI.            Kecerdasan Visual  Spasial
                      VII.            Kecerdasan Kinestetik
                   VIII.            Kecerdasan Naturalis/Lingkungan
                         IX.            Kecerdasan Eksistensial
5.      Eric Jensen, istilah IQ berangkat dari hasil perhitungan (quotient).
Usia Kalender / Usia Kemampuan  x 100 (hasil tes)
Kecerdasan menjadi landasan berpikir atau melakukan penalaran, karena kecerdasan adalah kemampuan sedangkan berfikir adalah kegiatan. Berfikir mengandung berbagai bentuk dan sifat. Ada yang berfikir logis,kritis,sistematis biasa disebut berfikir konvergen (dilakukan oleh otak kiri) dan berfikir kreatif disebut berfikir divergen (dilakukan otak kanan).


Nama  : Mely Riska

NPM   : 201214500206

 Divergen              
 Adapun ciri-ciri dalam berfikir kreatif, yaitu:

1.      Lancar dalam melaksanakan tugas.
2.      Senantiasa bersifat original (asli)
3.      Mempunyai sikap bijak, luwes, percaya diri, teguh pendirian, dan punya tanggung jawab.

Berfikir kretif kecuali dilaksanakan oleh beragam informasi dan bermakna, ditambah penguasaan bahasa dan kosakata yang sempurna,juga harus mempunyai kemampuan berimajinasi.
Perbedaan otak kiri dan kanan dalam memecahksn masalah
Ø    Dengan otak kiri yang menggunakan metode analisi yaitu:
1.      Menggunakan akal dalam mencari jawaban
2.      Mencari hubungan sebab dan akibat
3.      Konvegen
4.      Masalah diperinci secara sistematis
5.      Selalu berurutan
Ø    Dengan otak kanan seseorang  memakai cara yang meliputi:
1.      Menggunakan intuisi untuk cara baru
2.      Mencari cara lain dengan melihat masalah\
3.      Divergen
4.      Tidak selau berurutan
5.      Tidak kaku, tetapi patuh pada aturan main
Seni
Seni adalah produk yang indah. Seni disajikan oleh alam dan semua makhluk Tuhan. Orang sering mengatakan “Dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah, dengan agama hidup menjadi terarah.
Jenis-jenis seni adalah:
1.      Seni suara
2.      Seni rupa
3.      Seni gerak


Seni suara
     Dalam kaitannya dengan kerja otak, musik dapat di sebut mental-joging, olah raga otak atau ruh. Dalam kaitan dengan otak musik / seni suara dapat:
Ø  Meningkatkan IQ
Ø  Menenangkan jiwa
Ø  Menyenangkan hati/perasaan
Ø  Mematangkan emosi
Ø  Mengingatkan spiritualitas
Ø  Menyehatkan jiwa dan raga(terapi musik)
Selain yang disebut di atas ,seni musik mampu menyihir dan membius pendengarnya, menyanyi akan memperkaya otak, seseorang yang kesehariannya di rumah sering menyayi akan sehat, awet muda, tidak mudah terkena penyakit metobplisme.Musik dapat membantu otakdalam proses pembelajaran, proses terapi, mengubah mood, dan memperbaiki kerusakan otak dalam cakupan tertentu.

Musik yang mencerdaskan dan pengaruh musik terhadap tubuh
v  Meningkatkan energi otot
v  Meningkatkan energi molekul
v  Mempengaruhi denyut jantung
v  Mempengaruhi metabolisme
v  Meredakan nyeri dan stres
v  Mempercepat penyembuhan pada pasien pasca operasi
v  Meredakan kelelahan
v  Membantu melepas emosi yang tidak nyaman
v  Menstimulasi kreativitas, sesitivitas, dan berpikir
Seni  gerak
Menurut Reza M Syarif dalam bukunya life excellence, menjelaskan bahwa gerak tubuh akan menggoyangkan vestibular-system (diaktifkan melalui gerak fisiko yang ada dalam gendang telinga. Benda tersebut berbentuk cairan (fluid) yang bila digoyangkan akan menyentuh saraf diskelilingnya. Sentuhan ini akan mengaktifkan otak, maka terjadilah percepatan IQ. Oleh karena itu jangan melarang aktifitas fisi anak. Hal tersebut pulalah penyebab banyaknya agama di dunia ini yang menjalankan ritualnya dengan bernyanyi dan menari atau meggerakkan tubuhnya .
Pentingnya latihan fisik secara rutin akan menurut Taufik pasiak adalah :
§  Membantu sel_sel otak melawan racun termasuk radikal bebas
§  Memperbaiki DNA
§  Menurunkan resiko kerusakan kognitif
§  Menurunkan resiko depresi dan stres
§  Meningkatkan memori jangka panjang
Seni rupa
      Dengan menggambarkan seseorang dapat mengoptimalkan fungsi oatak yakni mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Menggambar dapat melatih keterampilan persepsi termasuk didalamnya: hal-hal yang berkaitan dengan bentuk,ruang, hubungan, cahaya, bayangan, keseluruhan dan tema.
      Anak balita akan banyak cerita dengan melihat gambar , selanjutnya anak bisa dibimbing untuk membuat mind mapping atau peta pikiran. Karena sesungguhnya balita terbiasa melakukan hal itu seperti :berekspresi, mencurahkan pikirannya dengan bahasa gambar. Salah satu penyebab anak sulit belajar adalah kebiasaan mereka menjejalkan berlembar-lembar catatan dalam waktu yang relatif singkat , akibatnya anak telalu lelah dan bosan. Otak anak kesulitan menggambarkan apa yang telah dipelajarinnya walaupun anak anda dikategorikan cerdas, tetapi kalau daya ingatnya rendah, mana mungkin ia bisa menjaddi juara kelas. Karena pelajaran yang mudah dipelajari berulangkali tetapi tidak bisa terpatri dengan baik di otaknya.
Jadi bila sejak kecil anak dibiasakan menggunakan peta pikiran, maka kapasitas otaknya pun akan bertambah.
1.      Anak akan terbiasa menghasilkan ide-ide
2.      Terlatih memecahkan masalah atau mencari solusi dari cara berpikir yang bsimultan dan kreatif.
3.      Membantu anak membuatkan catatan pelajaran lebih menarik, mudah dihapal sekalgus mudah di mengerti.
4.      Membantu untuk berkonsentrasi
5.      Membantu menggunakan kedua otak belahan otak yang membuat kita ingin terus menerus belajar.
6.      Melatih inisiatif dan rasa ingin tahu
7.      Melatih koordinas gerakan tangan dan mata.
Dapat di simpulkan betapa pentingnya perilaku seni bagi peserta didik, khususnya usia kanak-kanak(balita), anak- anak(SD), ingga remaja dalam upaya mengembangkan fungsi otak.

Nama        : Trinopita
NPM         : 201214005212

C. Penyimpangan Fungsi Otak                
Anak yang berkebutuhan khusus biasanya dibagi menjadi 2 yaitu; fisik dan psikis. Dan hal ini di kelompokkan menjadi 3 bagian yaitu; kelompok berat, kelompok sedang, dan kelompok ringan. Contoh dari kelainan fisik misalnya: Tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa. Sedangkan anak-anak yang mengalami kelainan mental psikis seperti; tuna grahita, tuna laras, autis, anak-anak berbakat, Down Syndrome.
a.      Tuna Grahita
Di dalam tuna grahita ada 3 kelompok yang membutuhkan penanganan khusus yaitu;
1.      IQ 50 ke bawah disebut tuna grahita atau mampuh latih (imbisibil, debil, idiot)
2.      IQ 70-90 disebut slow learner atau lamban belajar.
3.      IQ 200 ke atas disebut jenius dan bisa indigo.

b.      Tuna laras
Biasanya anak-anak yang mengalami kelompok ini disebut hiperaktif, namun yang  bisa mengatakan hiperaktif hanya dokter spesialis tumbuh kembang. Karena tidak semua anak nakal disebut hiperaktif.
Secara garis besar anak tuna laras dapat diklasifikasikan menjadi anak yang mengalami kesukaran dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial dan anak yang mengalami gangguan emosi. Keadaan seperti ini datang dari lingkungan yang menganut norma-norma tersendiri, yang mana norma tersebut bertentangan dengan norma yang berlaku di masyarakat. Dengan demikian anak selalu merasakan ada suatu masalah dengan lingkungan di luar kelompoknya.
c.       Autis
Autis terjadi karena sebagian gangguan perkembangan yang kompleks dan muncul pada tiga tahun kehidupan pertama manusia sebagai akibat dari gangguan neutrobiologist yang memengaruhi fungsi otak pada manusia. Anak autis lebih tertarik dengan benda daripada manusia. Dan mereka cenderung hidup di dunianya sendiri. Namun, anak autis biasanya IQ nya lebih tinggi dan bisa jadi jenius. Penyebab autis belum dapat ditemukan namun diperkirakan penyebabnya adalah bisa dari factor genetik, gangguan saraf pusat, keracunan logam berat, struktur otak yang tidak normal,dan lain-lain.
d.      Anak-anak berbakat
Anak berbakat adalah anak yang memiliki kecerdasan dan kelebihan yang luar biasa dibandingkan dengan anak-anak seusianya, dan semua anak berbakat pasti cerdas. Biasanya anak berbakat memiliki IQ rata-rata diatas 90-110. Anak berbakat mempunyai tingkat intelektualitas umum jauh lebih maju dibandingkan anak normal.
e.       Down Syndrome
Anak-anak down syndrome mudah kita ketahui dari fisik. Wajahnya yang khas mongol, selain itu lidahnya pendek sehingga sulit untuk berbicara dengan jelas, kemudian jari-jarinya gemuk sehingga tangannya sulit untuk terampil. IQ rata-rata anak syndrome adalah 80. Anak down syndrome memiliki emosi yang naik turun sehingga sering kali merasa sangat bahagia dan sangat sedih.
Down Syndrome di bagi 2 bagian:
1.      Trisomi murni (95)% merupakan gangguan pembelahan yang terjadi karena proses spontan
2.      Translokasi (5%) merupakan gangguan pembelahan yang dapat terjadi karena factor keturunan atau genetis.
Kecacatan biasanya terjadi bukan karena keturunan saja, namun ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya seperti: Gizi, penyakit, kecelakaan, obat-obatan, rokok, alkohol, pernikahan dini, pernikahan senja. Untuk mengembangkan potensi anak down syndrome biasanya mereka di sekolahkan di sekolah khusus. Sehingga anak bisa berbaur dengan komunitas yang heterogen.
D. Otak dan Spiritual
Berbicara masalah spiritual sama sekali tidak identik dengan agama atau agama tertentu. Para pakar mengatakan bahwa salah satu ciri orang cerdas adalah memiliki SI (Spiritual Intelligent) yang tinggi maka jelaslah ada keterkaitan yang kuat antara peran otak dan spiritual. Pada kenyataannya bahwa perkembangan sains dan teknologi yang setinggi apapun, tidak akan cukup kuat untuk mengatasi berbagai masalah manusia.

Nama  : Siti Hawa
NPM   : 201214500213
Dzikir
Kegiatan dzikir yakni  mengingat kebesaran dan kekuatan TUHAN, antara lain sholat, bertasbih, dan lain-lain. Dzikir harus masuk ke kulit otak ( cortex cerebri ), artinya dzikir harus dilakukan dengan sadar. Berdzikir identik dengan berpikir.
Cortex cerebri  adalah daerah otak yang bertanggung  jawab terhadap fungsi-fungsi tingkat tinggi, seperti intropeksi atau refleksi diri, perencanaan ke depan, pengambilan keputusan, pengendalian emosi, pengalaman spiritual yang diperoleh sejumlah orang seperti: para penderita skizofrenia, para teroris, pimpinan aliran sesat (salah satunya Lia Eden), para Nabi dan lain-lain.
Skizofrenia adalah jenis penyakit/gangguan mental, merupakan gangguan jiwa berat yang ditandai dengan adanya gangguan pada proses piker, persepsi, emosi, pergerakan dan perilaku. Faktor-faktor penyebab skizofrenia diduga dari keturunan dan lingkungan.
Puasa
Hampir semua agama punya kewajiban untuk puasa pada umat-Nya. Secara fisik, orang berpuasa sperti melakukan detox, sehingga usai puasa orang akan menjadi sehat. Secara psikologis orang akan menapaki process of becoming. Sedangkan secara mental, orang akan mampu mendidik dan mengendalikan kehendaknya agara berada dalam kerangka akhlak.
Melalui puas, orang akan mengalami perubahan. Inti dari perubahan adalah perbaikan, pengembangan, dan pembelajaran. Sikap optimis, perilaku positif, pengendalian emosi diperoleh melalui pembelajaran atau psikoterapi yang disebut puasa.
Kejujuran
Ada dampak yang berbeda terhadap kerja otak dan perilaku seseorang jika ia jujur atau tulus dengan orang yang dusta atau palsu. Dengan tersenyum, apabila hal itu dilakukan dengan kejujuran dan ketulusan, menyebabkan komponen otak akan aktif. Gelombang otak orang yang berdusta disebut gelombang beta, ini disertai ketidakteraturan komponen otonomi tubuh, seperti denyut jantung, tarikan nafas, dan produksi keringat.
Menurut Taufik Pasiak, perbuatan baik dikendalikan oleh tiga pusat penting, yaitu :
1.      Pusat kesenangan, menghindari rasa nyeri untuk menuju kebahagiaan.
2.      Pusat kebaikan.
3.      Pusat kesempurnaan ( baik fisik maupun psikologis ).
Kebahagiaan
Kebahagiaan adalah tujuan akhir semua manusia. Kebahagiaan akan diperoleh apabila orang terbebas dari tekanan atau rasa nyeri. Ciri-ciri kebahagiaan antara lain :
·         Orang bisa memberi  manfaat pada orang lain. Kehadirannya dirasakan sebagai keberuntungan bagi banyak orang tanpa memandang latar belakang orang-orang itu.
·         Mengisnpirasi orang lain. Mendorong orang lain untuk berbuat sesuatu demi tercapainya kebahagiaan.
·         Merupakan warisan yang berniali. Orang bahagia adalah orang bekerja penuh waktu untuk mewariskan sesuatu yang bernilai dan berharga.
Kesimpulannya, orang yang bahagia adalah orang yang terus menerus berbuat kebaikan atau kebajikan. Syarat kebahagiaan atau segitiga untuk kebahagiaan meliputi :
1.       Ridho Allah
2.      Membahagiakan orang lain
3.      Menyempurnakan pekerjaan
Perbuatan baik adalah perilaku seseorang terhadap orang lain, terhadap lingkungannya, bagaimana ia memperlakukan orang lain dan makkhluk lain. Artinya, bagaimana seseorang bersosialisasi, bagaimana ia mengendalikan dirinya, bagaimana ia berdamai dengan lingkungannya.
Stres, SUPERNOL dan ALISSA
Stres adalah suatu keadaan atau tantangan yang kapasitasnya di luar kemampuan seseorang. Stres sifatnya individual, dan bisa terjadi setelah orang mengalami depresi atau keadaan tertekan terlebih dahulu. Dari segi agama, setres atau kecemasan adalah hal yang wajar karena itu merupakan ujian yang dating dari Tuhan.
Gejala stress akan muncul dengan jelas dan sangat bergantung pada bagaimana seseorang merespon pada stressor ( pemicu stress ). Cara anda mempersepsi stressor merupakan kunci utama mengatasi stress. Dengan kata lain bisa dijelaskan bahwa stres atau kecemasan tinggi bisa terjadi karena manusia begitu kuat dalam mengejar keinginannya serta kebutuhannya dengan menggunakan segala kekuatan dan potensinya. Sementara manusia lupa bahwa disamping kesempurnaannya manusia  juga memiliki keterbatasan.
Stres menurut para pakar :
1.      Vincent Cornelli
Stres adalah gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh perubahan dan tuntutan kehidupan.
2.      Grant Brecht
Stres bukan karena apa yang terjadi tetapi bagaimana kondisi kita bagaimana memandang peristiwa itu dan bagaimana kita meresponnya.Kesimpulannya stress tidak selalu bermakna negative. Kierkegaard mengatakan bahwa kecemasan adalah sesuatu yang agung, begitu juga apa yang dikatakan oleh Heidegger bahwa stress adalah akses istimewa. Stress mampu mengantarkan manusia menemukan dirinya, memahami dirinya, menyadari jati dirinya.

Nama  : Anisa Oktafiyanti
NPM   : 201214500215                                                                                                                                                    
SUPERNOL  
SUPERNOL bisa mengandung dua pengertian. Pertama, mengelola stres dengan meng NOL kan diri, bukan berarti kosong, tetapi dalam kondisi NOL, manusia akan menjadi sadar bahwa dia:
Ø  Bukan siapa-siapa
Ø  Tidak memiliki apa-apa baik itu harta,kemampuan,kekuatan,dan lain-lain. Karena semua di tangan TUHAN.
NOL adalah simbol yang istimewa,bila ditempelkan di angka lain, nilainya menjadi sangat tinggi, tetapi bila dikalikan berapa saja hasilnya tetap nol. Menurut Sang Budha, manusia dalam hidupnya sangat terikat pada dunia. Dengan meng NOL kan diri, manusia akan tiba pada titik “ bebas dari keterikatan,membawa kebebasan dari penderitaan”.
Pengertian kedua, SUPERNOL adalah singakatan dari :
v  SU       : SpiritUal
v  PE       : Perasaan
v  R         : Rasio
v  N         : Nutrisi
v  OL       : Olahraga
Hilangnya sentuhan spiritual dalam berbagai kegiatan ritual keagamaan ( seperti : dzikir akbar dilapangan luas dengan pakaian serba putih, dan lain-lain) memicu berkembangnya pelatihan-pelatihan mind-body therapy
ALISSA
Metode ini dikemukakan oleh Dr. Taufik Pasiak, dengan singkatan dari :   
            A         : Amankan kepala dan otak
            L          : Jalankan Latihan rutin
            I           : Infonut (informasi dan nutrisi)
            S          : Sosialisasi (termasuk di dalamnya stres,konflik,dan komunikasi)
            S          : Santai
            A         : Aku mencintai (merujuk ke spiritual)
Dengan kata lain ALISSA dapat juga diartikan sebagai 4R , yaitu:
1)      Raga (fisik)
2)      Rasio (pikir)
3)      Rasa (emosi)
4)      Ruh (spiritual)

Berikut ini uraian dari ALISSA:

A – Amankan, artinya jaga terus keselamatan otak sejak dini hingga akhir hayat.

L – latihan fisik biasanya disebut olahraga, dengan olahraga akan dapat melancarkan sirkulasi darah dengan memompa jantung yang menyuplai darah ke otak karena otak memerlukan oksigen. Mencegah otak menjadi ‘tua’ (kerusakan degeneratif sel – sel sarafnya).

I – informasi dan nutrisi. Terdapat sejumlah informasi yang mampu mengembangkan otak, yaitu yang sifatnya: menantang (misalnya, sesekali menuju ke kampus ditempuh dengan jalan kaki), baru (belajar bahasa asing), bermakna (melakukan kegiatan sosial, menyantuni anak yatim),umpan balik (ada penilaian), waktu (pentingnya dalam memanfaatkan waktu).
S – Sosialisasi , manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial. ‘ kesendiriannya ‘ akan meminimkan kesehatan otak dan tubuh. Sosialisasi dapat dilakukan dengan : mengobrol, silaturahmi,berorganisasi, dan berwisata.
S – Santai , yang termasuk dalam kondisi santai adalah dengan melakukan kegiatan seni,tertawa,braingym,brainstroming,releksasi.
A  - Aku mencintai. Fondasi dari cinta (hakikat cinta) adalah spiritualitas. Dengan spiritualitas, manusia  memiliki dorongan untuk mendapatkan makna kehidupan. Dengan cinta, manusia mampu menumbuhkan sifat baik seperti : ikhlas,adil.jujur,pemaaf.
3. KAHIJA (Dosen Psikologi UNDIP)
Stres yang tidak ditata akan menimbulkan kerusakan otak seperti : gangguan daya ingat, tidak mampu konsentrasi, daya tangkap kurang, mudah lelah. Hal lain yang setingkat beratnya dengan stres adalah konflik dan komunikasi yang kurang efektif dimana komunikasi efektif adalah kemampuan mendengar yang tinggi.
F. ISU Terakhir  Tentang Otak
1.      Terdapat perbedaan yang jelas antara otak  laki-laki dan otak perempuan, sehingga banyak perilaku yang juga berbeda antara laki-laki dan perempuan, perempuan lebih tahan sakit dan menderita dan sebagainya.
2.      Otak tidak pernah menjadi tua . Makin tua usia seseorang makin matang dalam berpikir.
3.      Fungsi otak memang dahsyat, tetapi belum semua difungsikan. Hanya sekitar 10% saja yang telah diwujudkan.
4.      Kalau seseorang mampu memprogram otaknya sendiri, maka dia akan mampu menyembuhkan sakitnya sendiri.
           


BAB II
Kesimpulan
Otak adalah pusat system saraf. Otak terbentuk dari dua jenis, yaitu: glia dan neuron. Dimana otak merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai pusat control dan kenddali atas semua system di dalam tubuh. Jika otak kita terganggu maka akan terjadi kelainan pada kita. Biasanya hal tersebut sering disebut dengan anak yang berkebutuhan khusus. Betapa pentingnya otak dalam tubuh kita.
Otak laki-laki dan otak perempuan terdapat perbedaan. Sehingga banyak menyebabkan perbedaan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan. Kalau manusia mampu memprogram otaknya maka dia akan mampu menyembuhkan sakitnya sendiri.


Daftar Pustaka
Nur’aeni,M.A, dkk.2012.”Perkembangan Peserta Didik”.Jakarta:Unindra Press.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi Ekonomi Surplus

Seberkas Cahaya Kasih