Makalah Perkembangan Peserta Didik (Otak Manusia)
OTAK MANUSIA
Dosen
Pembimbing:
Ibu
Dwi Suharni H. S, Hj. S.Pd. M. M
Disusun oleh:
Achmad Yogi Wahyudi 201214500198
Maymanah Islamiyah 201214500200
Riza Mariana Natalia 201214500205
Mely Riska 201214500206
Trinopita 201214500212
Siti Hawa 201214500213
Anisa Oktafiyanti 201214500215
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
Universitas
Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah, Kelurahan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Telp.
(021) 87797409
Website: http//www.unindra.ac.id Email: University@unindra ac.id
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat-Nya maka kami
dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini yang berjudul “Otak Manusia”.
Penulisan
makalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas
mata kuliah Perkembangan Peserta Didik Universitas Indra Prasta Fakultas
Pendidikan Ekonomi Jakarta. Harapan
kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga
kedepannya dapat lebih baik.
Dalam penulisan makalah ini kami menyampaikan ucapan terima
kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah
ini, khususnya kepada :
1.
Ibu Dwi Suharni H.S, Hj. S.Pd.M.M selaku dosen pembimbing
mata kuliah Perkembangan Peserta Didik yang telah meluangkan waktu, tenaga dan
pkiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka
penyelesaian penyusunan makalah ini.
2.
Rekan-rekan semua di kelas Pendidikan Ekonomi Ekstensi.
3.
Secara khusus kami menyampaikan terima kasih kepada keluarga
tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar
kepada kami.
4.
Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang
telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini.
Akhirnya kami berharap semoga Allah memberikan imbalan yang
setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua
bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.
BAB
I
Pembahasan
Nama : Achmad Yogi Wahyudi
NPM : 201214500198
OTAK MANUSIA
Di
saat berkembangnya IPTEK yang sangat cepat dan pesat belakangan ini, kita
bangsa Indonesia, dan kita sebagai pengemban tanggung jawab turut mengembangkan
potensi anak bangsa sekaligus mengembangkan pencerahan berfikir bagi diri kita sendiri
dan tidak boleh tutup mata. Terlebih dalam pengembangan ilmu tentang otak, baik
secara fisik maupun fungsinya yang telah dikaji, digali dan diteliti oleh para
pakar medis, psikolog dan pendidik serta para agamawan dengan menunjukkan
betapa pesat, cepat dan bahkan dahsyat perkembangan ilmu ini.
1. KONSEP
FISIK OTAK
Pengertian
otak
Otak
(encephalon) adalah pusat sistem saraf (central nervous system/CNS) pada
vertebrata dan banyak invertebrate lainnya. Otak mengatur dan mengkoordinir
sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostatis seperti tekanan
darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab
atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dan
segala bentuk pembelajaran lainnya.
Otak terbentuk dari dua jenis sel,
yaitu: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron,
sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal
sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan ke seluruh
tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut
neurotransmitter. Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang dikenal
dengan sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai hingga
seratus milyar neuron.
Otak manusia adalah struktur pusat
pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel
saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh
badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat ikatan erat antara otak
dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat mempengaruhi
kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi
kognitif.
Hakikat Otak manusia
Otak merupakan organ tubuh yang
berfungsi sebagai pusat control dan kendali atas semua sistem di dalam tubuh.
Otak juga merupakan pusat kecerdasan atau pusat kemampuan berfikir yang mulai
dibentuk selang beberapa saat setelah terjadinya konsepsi (proses peleburan
inti sel telur dan inti sel sperma).
Otak
dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:
-
Otak bagian depan
(ferobain), yang meliputi cuping pencium (pusat penciuman), dan belahan otak
belakang (tempat kecerdasan)
-
Otak tengah, meliputi
cuping yang berhubungan dengan mata yang merupakan pusat penglihatan.
-
Otak belakang, adalah
bagian bokong yang meliputi otak besar (pusat koordinasi), medulla oblongata
(pusat tindakan tanpa disengaja), medulla oblongata dilanjutkan hingga mengenai
tulang belakang.
Bagian
otak yang menghubungkan otak ke berbagai bagian-bagian dari badan antara lain:
-
Batang otak
Batang
otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian
dasar,
-
Sistem limbik
Sistem
limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju
(limbik bersal dari bahasa latin yang berarti kerah). Bagian otak ini sama
dengan yang dimiliki hewan mamalia, sehingga sering disebut dengan otak mamalia.
-
Neokorteks
Di
sinilah bersemayam kecerdasan yang
membuat kita menjadi benar-benar manusia. Bagian ini berkaitan dengan fungsi
melihat, mendengar, mencipta, berpikir, berbicara sesuai dengan bagiannya yaitu
otak kiri dan otak kanan.
-
Otak kecil
Otak
kecil (cerebellum) merupakan bagian terbesar otak belakang. Otak kecil terdiri
atas dua belahan dan perkembangannya berlekuk-lekuk. Fungsi otak kecil adalah
untuk mengatur sikap dan posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan
otot yang terjadi secara sadar. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat
mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi
tidak terkoordinasi, misalnya seseorang tidak mampu memasukkan makanan ke dalam
mulutnya.
2.
FUNGSI
OTAK
Fungsi
otak adalah tatap muka, melihat, penciuman, mencicipi, berjalan, berpikir
ingatan, mengingat kembali, dan lain-lain. Sesuai dengan fungsinya, otak
dibedakan : otak kiri, otak kanan, dan otak tengah.
Otak kiri
Otak
kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan,
dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Otak kiri juga bertugas mengendalikan fungsi
bagian badan sebelah kanan. Bila terjadi kerusakan pada otak kiri, maka akan
terjadi pada gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa, dan matematika.
Walaupun keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, tetapi setiap individu
mempunyai kecenderungan untuk menggunakan salah satu belahan yang dominan dalam
menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Setiap belahan otak saling mendominasi
dalam aktivitas namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran.
Nama : Maymanah Islamiyah
NPM : 201214500200
Otak kanan
Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan,
khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik, dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term
memory). Bila terjadi keruskan otak kanan, misalnya pada penyakit stroke atau
tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan
emosi.Otak kanan bertugas menggerakan bagian badan adalah sebelah kiri. Otak
kanan mengolah hal-hal yang berkaitan dengan irama, kesadaran ruang, imajinasi,
melamun, warna, dimensi dan tugas-tugas yang membutuhkan kesadaran holistik
atau keseluruhan. Istilah
popular dalam kegiatan belahan otak kanan adalah: artistik, kreatif, naluriah.
Bila seseorang memiliki kelemahan di
area tertentu, kemudian dilatih, maka keterampilan dan kekuatan orang tersebut
di area-area lain ikut menguat, misalnya: Si A lemah dalam keterampilan
menggambar, kemudian dilatih menggambar dan melukis, maka kinerja akademisnya
akan meningkat secara keseluruhan, terutama pada bidang-bidang seperti geometri
dimana perpesi dan imajinasi berperan penting.
Contoh lain adalah keterampilan
yang dimiliki otak kanan yaitu melamun yang sangat penting bagi ketahanan hidup
otak. Melamun memberi
istirahat yang sangat diperlukan kepada bagian-bagian otak yang melakukan
perkerjaan analitis dan pengulangan.
Kebanyakan jenius besar menggunakan lamunan yang diarahkan untuk membantu
mereka memecahkan masalah, menghasilkan ide dan mencapai tujuan.
Otak tengah
Dalam kurun waktu 10 tahun
penelitian, para pendiri yang terdiri dari ahli teknologi ilmiah computer
Amerika, tenaga ahli dari Asosiasi Spesialis Komputer Inggris, serta pelatih
dan Pelaksana Senior Sertifikasi Program Bahasa Internasional, telah berhasil
menggunakan teknologi untuk membangkitkan fungsi potensial dari otak manusia,
khususnya fungsi dari midbrain yang
terletak ditengah-tengah otak kiri dan otak kanan. Fungsi midbrain adalah sebagai jembatan
antara otak kiri dengan otak kanan, dan dalam kondisi tertidur interbrain manusia tidak dapat
berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, fungsi interaktif antara otak kiri
dan otak kanan mengalami keterbatasan.
Saat ini banyak para ahli yang
meneliti tentang bagaimana membantu keseimbangan operasional otak kanan dan
otak kiri. Salah satu hasil dari penelitian tersebut diantaranya berupa
mental-aritmatik, pengembangan seluruh otak dan lain sebagainya. Tujuan dari
semua penelitian tersebut adalah untuk membantu menyeimbangkan penggunaan otak
kanan dan otak kiri serta menggali potensi daya otak, yang mana hasilnya
berbeda-beda.
Sebuah penemuan baru dengan metode
yang berbeda dengan lainnya, yaitu : berdasarkan ilmu psikologi yang luar
biasa, teknik kejeniusan mutakhir, neurolinguistik, ilmu komunikasi, ilmu
tingkah laku dan lain sebagainya, serta menggunakan teknologi computer ilmiah
mutakhir, dalam waktu yang sangat pendek yaitu setengah hari dapat berhasil
mengaktifkan midbrain anak-anak. Hal
tersebut merupakan sebuah prestasi yang membuat decak kagum baik dari dalam
maupun luar negeri karena merupakan suatu kehormatan bagi umat manusia modern.
Pada umumnya, setelah midbrain
diaktifkan, midbrain akan
mengeluarkan gelombang otak untuk merasakan dan bereaksi terhadap benda-benda
diluar (sebagai contoh : dengan mata tertutup tetapi bisa mengenal benda,
huruf, warna, dan lain sebagainya), dan juga tentu saja daya ingat
mengingatkan, daya konsentrasi dan daya tangkap membaik, emosi lebih stabil,
hormone menjadi seimbang, dan sebagainya. Aktivitas tersebut jelas terlihat
hasilnya bagi anak hiperaktif maupun anak dengan daya ingat yang lemah.
Melalui teknik “Genius Mind”, pelatihan ini
dinamakan “Metode Belajar Midbrain”. Tujuan akhir yang ingin dicapai dengan
mengaktifkan fungsi otak tengah (Midbrain)
adalah membiasakan anak untuk senantiasa menjaga keseimbangan antara otak
kiri dan otak kanan tanpa harus memejamkan mata lagi, sehingga potensi terbesar
daya otak dapat dikembangkan. Selain itu, hal tersebut bisa digunakan untuk
menjawab ketimpangan dalam dunia pendidikan daya otak.
Otak Jantung
Jantung
memiliki peran luar biasa dalam kehidupan manusia. Salah satunya mengatakan
bahwa peran fitrah jantung adalah sebagai penghubung pertama antara tubuh fisik
dengan penciptanya. Jantung
mulai berdetak pada janin sebelum otak terbentuk, oleh karena itu jantung
sebetulnya merupakan pemrakarsa utama kehidupan manusia. Di jantung ada lebih dari
40 ribu sel (neuron), dan ini menandakan bahwa jantung memiliki system saraf
sendiri yang sering disebut otak didalam jantung. Secara ilmiah, ini mendukung pengajaran
banyak agama di dunia bahwa jantung adalah tempat jiwa manusia. Oleh karena itu
ajaran spiritual menganajurkan bahwa sudah tugas manusia untuk menggabungkan
bersama energi jantung mereka ke dalam
hati yang damai. Dikatakan lagi, para ahli menyebutkan bahwa jantung mempunyai
system komunikasi yang lebih luas dan jauh dengan otak daripada di lakukan organ-organ
tubuh yang lain.
Nama : Riza Mariana Natalia
NPM : 201214500205
a.
Perkembangan
fungsi otak
Fungsi
otak berkembang sangat cepat pada usia balita, oleh sebab itu usia ini di sebut
Golden Age. Otak tengah, dapat mengakses
secara cepat dan mudah pada usia 5-12 tahun. Bila dilatih dengan serius, maka
anak akan belajar membaca dan menghafal lebih cepat. Serta bisa juga
mengaktivasi pendengaran dan penglihatan. Artinya jika otak tengah diaktifkan
maka akan terjadi keseimbangan kerja otak kanan dan kiri.
Doug
Hall mengatakan bahwa dominasi kerja otak (kanan/kiri) itu mempengaruhi
kepribadian seseorang. Dominas otak kanan menunka kepribadian yang : humoris,
simple, menyenangkan, spontan dan bebas. Otak kanan juga sebagai pengendali
emotional intelligence, berseni (khususnya musik dan warna), secara kreatif.
b.
Otak,
kecerdasan dan seni
Kecerdasan
atau intelejensi adalah kemampuan atau mental ability, kecakapan potensial atau
general aptitude.
Hasil
kerja kecerdasan ini meliputi :
1. Perilaku
kognitif ; mengamati, mencerna, dan menciptakan.
2. Perilaku
konatif ; dorongan dari dalam indnividu seperti kemauan, motif, kehendak
3. Perilaku
Afektif ; perilaku yang bersentuhan dengan perasaan seperti senang, sedih &
cinta
Menurut
para pakar atau ilmuan mengenai kecerdasan :
1. Benjamin. S. Bloom,
mengatakan kecerdasan meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor
2. Daniel Goleman,
menambahkan bahwa kecerdasan mencakup juga kecerdasan emosional atau E I
(emotional Intellegence)
Emotional
Intelligences di bagi menjadi 5 bidang kompetensi :
I.
Pertama, kemampuan
untuk mengenal emosi dirinya sendiri serta memahami hubungan anatara
emosi,pikiran dan tindakan.
II.
Kedua, kemampuan untuk
mengelola emosi ; dapat mengatur perasaan dengan tepat.
III.
Ketiga, kemampuan untuk
memotivasi diri sendiri ; biasanya dengan sikap optimis dan berfikir positif.
IV.
Keempat, kemampuan
untuk membaca dan mengenal emosi orang lain (empati)
V.
Kelima, kemampuan untuk
membina hubungan dengan orang lain.
3. Danah Zonar dan Ian
Marshall, berpendapat bahwa cerdas tidak haya IQ
tetapi juga SI, orang yang cerdas adalah mereka yang memiliki
kognitif,afektif,psikomotor,EI dan SI yang tinggi.
4. Howard Gardner,
merumuskan teori kecerdasan terdiri dari 9 kecerdasan :
I.
Kecerdasan Linguistik
II.
Kecerdasan
Logika-Matematika
III.
Kecerdasan
Intrapersoanal
IV.
Kecerdasan
Interpersoanal
V.
Kecerdasan Musikal
VI.
Kecerdasan Visual Spasial
VII.
Kecerdasan Kinestetik
VIII.
Kecerdasan
Naturalis/Lingkungan
IX.
Kecerdasan Eksistensial
5. Eric
Jensen, istilah IQ berangkat dari hasil perhitungan (quotient).
Usia
Kalender / Usia Kemampuan x 100 (hasil
tes)
Kecerdasan
menjadi landasan berpikir atau melakukan penalaran, karena kecerdasan adalah
kemampuan sedangkan berfikir adalah kegiatan. Berfikir mengandung berbagai
bentuk dan sifat. Ada yang berfikir logis,kritis,sistematis biasa disebut
berfikir konvergen (dilakukan oleh otak kiri) dan berfikir kreatif disebut
berfikir divergen (dilakukan otak kanan).
Nama : Mely Riska
NPM : 201214500206
Divergen
Adapun ciri-ciri dalam
berfikir kreatif, yaitu:
1. Lancar
dalam melaksanakan tugas.
2. Senantiasa
bersifat original (asli)
3. Mempunyai
sikap bijak, luwes, percaya diri, teguh pendirian, dan punya tanggung jawab.
Berfikir kretif
kecuali dilaksanakan oleh beragam informasi dan bermakna, ditambah penguasaan
bahasa dan kosakata yang sempurna,juga harus mempunyai kemampuan berimajinasi.
Perbedaan otak kiri dan kanan dalam memecahksn
masalah
Ø Dengan otak kiri yang
menggunakan metode analisi yaitu:
1. Menggunakan
akal dalam mencari jawaban
2. Mencari
hubungan sebab dan akibat
3. Konvegen
4. Masalah
diperinci secara sistematis
5. Selalu
berurutan
Ø Dengan otak kanan
seseorang memakai cara yang meliputi:
1. Menggunakan
intuisi untuk cara baru
2. Mencari
cara lain dengan melihat masalah\
3. Divergen
4. Tidak
selau berurutan
5. Tidak kaku,
tetapi patuh pada aturan main
Seni
Seni adalah produk
yang indah. Seni disajikan oleh alam dan semua makhluk Tuhan. Orang sering
mengatakan “Dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah,
dengan agama hidup menjadi terarah.
Jenis-jenis seni adalah:
1. Seni
suara
2. Seni
rupa
3. Seni
gerak
Seni suara
Dalam kaitannya
dengan kerja otak, musik dapat di sebut mental-joging, olah raga otak atau ruh.
Dalam kaitan dengan otak musik / seni suara dapat:
Ø Meningkatkan IQ
Ø Menenangkan jiwa
Ø Menyenangkan hati/perasaan
Ø Mematangkan emosi
Ø Mengingatkan spiritualitas
Ø Menyehatkan jiwa dan raga(terapi
musik)
Selain yang disebut di
atas ,seni musik mampu menyihir dan membius pendengarnya, menyanyi akan
memperkaya otak, seseorang yang kesehariannya di rumah sering menyayi akan
sehat, awet muda, tidak mudah terkena penyakit metobplisme.Musik dapat membantu
otakdalam proses pembelajaran, proses terapi, mengubah mood, dan memperbaiki
kerusakan otak dalam cakupan tertentu.
Musik yang mencerdaskan dan pengaruh musik
terhadap tubuh
v Meningkatkan energi otot
v Meningkatkan energi molekul
v Mempengaruhi denyut jantung
v Mempengaruhi metabolisme
v Meredakan nyeri dan stres
v Mempercepat penyembuhan pada
pasien pasca operasi
v Meredakan kelelahan
v Membantu melepas emosi yang tidak
nyaman
v Menstimulasi kreativitas,
sesitivitas, dan berpikir
Seni gerak
Menurut Reza M Syarif
dalam bukunya life excellence, menjelaskan bahwa gerak tubuh akan menggoyangkan
vestibular-system (diaktifkan melalui gerak fisiko yang ada dalam gendang
telinga. Benda tersebut berbentuk cairan (fluid) yang bila digoyangkan akan
menyentuh saraf diskelilingnya. Sentuhan ini akan mengaktifkan otak, maka
terjadilah percepatan IQ. Oleh karena itu jangan melarang aktifitas fisi anak.
Hal tersebut pulalah penyebab banyaknya agama di dunia ini yang menjalankan
ritualnya dengan bernyanyi dan menari atau meggerakkan tubuhnya .
Pentingnya latihan fisik secara rutin akan
menurut Taufik pasiak adalah :
§ Membantu sel_sel otak melawan
racun termasuk radikal bebas
§ Memperbaiki DNA
§ Menurunkan resiko kerusakan
kognitif
§ Menurunkan resiko depresi dan
stres
§ Meningkatkan memori jangka
panjang
Seni rupa
Dengan menggambarkan
seseorang dapat mengoptimalkan fungsi oatak yakni mengembangkan imajinasi dan
kreativitas. Menggambar dapat melatih keterampilan persepsi termasuk
didalamnya: hal-hal yang berkaitan dengan bentuk,ruang, hubungan, cahaya,
bayangan, keseluruhan dan tema.
Anak
balita akan banyak cerita dengan melihat gambar , selanjutnya anak bisa
dibimbing untuk membuat mind mapping atau peta pikiran. Karena sesungguhnya
balita terbiasa melakukan hal itu seperti :berekspresi, mencurahkan pikirannya
dengan bahasa gambar. Salah satu penyebab anak sulit belajar adalah kebiasaan
mereka menjejalkan berlembar-lembar catatan dalam waktu yang relatif singkat ,
akibatnya anak telalu lelah dan bosan. Otak anak kesulitan menggambarkan apa
yang telah dipelajarinnya walaupun anak anda dikategorikan cerdas, tetapi kalau
daya ingatnya rendah, mana mungkin ia bisa menjaddi juara kelas. Karena
pelajaran yang mudah dipelajari berulangkali tetapi tidak bisa terpatri dengan
baik di otaknya.
Jadi bila sejak kecil anak dibiasakan
menggunakan peta pikiran, maka kapasitas otaknya pun akan bertambah.
1. Anak
akan terbiasa menghasilkan ide-ide
2. Terlatih
memecahkan masalah atau mencari solusi dari cara berpikir yang bsimultan dan
kreatif.
3. Membantu
anak membuatkan catatan pelajaran lebih menarik, mudah dihapal sekalgus mudah
di mengerti.
4. Membantu
untuk berkonsentrasi
5. Membantu
menggunakan kedua otak belahan otak yang membuat kita ingin terus menerus
belajar.
6. Melatih
inisiatif dan rasa ingin tahu
7. Melatih koordinas
gerakan tangan dan mata.
Dapat di simpulkan betapa pentingnya perilaku
seni bagi peserta didik, khususnya usia kanak-kanak(balita), anak- anak(SD),
ingga remaja dalam upaya mengembangkan fungsi otak.
Nama :
Trinopita
NPM : 201214005212
C. Penyimpangan Fungsi
Otak
Anak
yang berkebutuhan khusus biasanya dibagi menjadi 2 yaitu; fisik dan psikis. Dan
hal ini di kelompokkan menjadi 3 bagian yaitu; kelompok berat, kelompok sedang,
dan kelompok ringan. Contoh dari kelainan fisik misalnya: Tuna netra, tuna
rungu, tuna wicara, tuna daksa. Sedangkan anak-anak yang mengalami kelainan
mental psikis seperti; tuna grahita, tuna laras, autis, anak-anak berbakat,
Down Syndrome.
a.
Tuna
Grahita
Di
dalam tuna grahita ada 3 kelompok yang membutuhkan penanganan khusus yaitu;
1. IQ
50 ke bawah disebut tuna grahita atau mampuh latih (imbisibil, debil, idiot)
2. IQ
70-90 disebut slow learner atau lamban belajar.
3. IQ
200 ke atas disebut jenius dan bisa indigo.
b.
Tuna
laras
Biasanya
anak-anak yang mengalami kelompok ini disebut hiperaktif, namun yang bisa mengatakan hiperaktif hanya dokter
spesialis tumbuh kembang. Karena tidak semua anak nakal disebut hiperaktif.
Secara garis besar anak tuna
laras dapat diklasifikasikan menjadi anak yang mengalami kesukaran dalam menyesuaikan
diri dengan lingkungan sosial dan anak yang mengalami gangguan emosi. Keadaan
seperti ini datang dari lingkungan yang menganut norma-norma tersendiri, yang
mana norma tersebut bertentangan dengan norma yang berlaku di masyarakat.
Dengan demikian anak selalu merasakan ada suatu masalah dengan lingkungan di
luar kelompoknya.
c.
Autis
Autis
terjadi karena sebagian gangguan perkembangan yang kompleks dan muncul pada
tiga tahun kehidupan pertama manusia sebagai akibat dari gangguan
neutrobiologist yang memengaruhi fungsi otak pada manusia. Anak autis lebih
tertarik dengan benda daripada manusia. Dan mereka cenderung hidup di dunianya
sendiri. Namun, anak autis biasanya IQ nya lebih tinggi dan bisa jadi jenius.
Penyebab autis belum dapat ditemukan namun diperkirakan penyebabnya adalah bisa
dari factor genetik, gangguan saraf pusat, keracunan logam berat, struktur otak
yang tidak normal,dan lain-lain.
d.
Anak-anak
berbakat
Anak
berbakat adalah anak yang memiliki kecerdasan dan kelebihan yang luar biasa
dibandingkan dengan anak-anak seusianya, dan semua anak berbakat pasti cerdas.
Biasanya anak berbakat memiliki IQ rata-rata diatas 90-110. Anak berbakat
mempunyai tingkat intelektualitas umum jauh lebih maju dibandingkan anak
normal.
e.
Down
Syndrome
Anak-anak
down syndrome mudah kita ketahui dari fisik. Wajahnya yang khas mongol, selain
itu lidahnya pendek sehingga sulit untuk berbicara dengan jelas, kemudian
jari-jarinya gemuk sehingga tangannya sulit untuk terampil. IQ rata-rata anak
syndrome adalah 80. Anak down syndrome memiliki emosi yang naik turun sehingga
sering kali merasa sangat bahagia dan sangat sedih.
Down
Syndrome di bagi 2 bagian:
1. Trisomi
murni (95)% merupakan gangguan pembelahan yang terjadi karena proses spontan
2. Translokasi
(5%) merupakan gangguan pembelahan yang dapat terjadi karena factor keturunan
atau genetis.
Kecacatan
biasanya terjadi bukan karena keturunan saja, namun ada beberapa hal yang
menjadi penyebabnya seperti:
Gizi, penyakit, kecelakaan, obat-obatan, rokok, alkohol, pernikahan dini, pernikahan senja. Untuk mengembangkan
potensi anak down syndrome biasanya mereka di sekolahkan di sekolah khusus.
Sehingga anak bisa berbaur dengan komunitas yang heterogen.
D. Otak dan Spiritual
Berbicara
masalah spiritual sama sekali tidak identik dengan agama atau agama tertentu.
Para pakar mengatakan bahwa salah satu ciri orang cerdas adalah memiliki SI
(Spiritual Intelligent) yang tinggi maka jelaslah ada keterkaitan yang kuat
antara peran otak dan spiritual. Pada kenyataannya bahwa perkembangan sains dan
teknologi yang setinggi apapun, tidak akan cukup kuat untuk mengatasi berbagai
masalah manusia.
Nama : Siti Hawa
NPM : 201214500213
Dzikir
Kegiatan
dzikir yakni mengingat kebesaran dan
kekuatan TUHAN, antara lain sholat, bertasbih, dan lain-lain. Dzikir harus
masuk ke kulit otak ( cortex cerebri ), artinya dzikir harus dilakukan dengan
sadar. Berdzikir identik dengan berpikir.
Cortex
cerebri adalah daerah otak yang
bertanggung jawab terhadap fungsi-fungsi
tingkat tinggi, seperti intropeksi atau refleksi diri, perencanaan ke depan,
pengambilan keputusan, pengendalian emosi, pengalaman spiritual yang diperoleh
sejumlah orang seperti: para penderita skizofrenia, para teroris, pimpinan
aliran sesat (salah satunya Lia Eden), para Nabi dan lain-lain.
Skizofrenia
adalah jenis penyakit/gangguan mental, merupakan gangguan jiwa berat yang
ditandai dengan adanya gangguan pada proses piker, persepsi, emosi, pergerakan
dan perilaku. Faktor-faktor penyebab skizofrenia diduga dari keturunan dan
lingkungan.
Puasa
Hampir
semua agama punya kewajiban untuk puasa pada umat-Nya. Secara fisik, orang
berpuasa sperti melakukan detox, sehingga usai puasa orang akan menjadi sehat.
Secara psikologis orang akan menapaki process of becoming. Sedangkan secara
mental, orang akan mampu mendidik dan mengendalikan kehendaknya agara berada
dalam kerangka akhlak.
Melalui
puas, orang akan mengalami perubahan. Inti dari perubahan adalah perbaikan,
pengembangan, dan pembelajaran. Sikap optimis, perilaku positif, pengendalian
emosi diperoleh melalui pembelajaran atau psikoterapi yang disebut puasa.
Kejujuran
Ada
dampak yang berbeda terhadap kerja otak dan perilaku seseorang jika ia jujur
atau tulus dengan orang yang dusta atau palsu. Dengan tersenyum, apabila hal
itu dilakukan dengan kejujuran dan ketulusan, menyebabkan komponen otak akan
aktif. Gelombang otak orang yang berdusta disebut gelombang beta, ini disertai
ketidakteraturan komponen otonomi tubuh, seperti denyut jantung, tarikan nafas,
dan produksi keringat.
Menurut
Taufik Pasiak, perbuatan baik dikendalikan oleh tiga pusat penting, yaitu :
1. Pusat
kesenangan, menghindari rasa nyeri untuk menuju kebahagiaan.
2. Pusat
kebaikan.
3. Pusat
kesempurnaan ( baik fisik maupun psikologis ).
Kebahagiaan
Kebahagiaan
adalah tujuan akhir semua manusia. Kebahagiaan akan diperoleh apabila orang
terbebas dari tekanan atau rasa nyeri. Ciri-ciri kebahagiaan antara lain :
·
Orang bisa memberi manfaat pada orang lain. Kehadirannya
dirasakan sebagai keberuntungan bagi banyak orang tanpa memandang latar
belakang orang-orang itu.
·
Mengisnpirasi orang
lain. Mendorong orang lain untuk berbuat sesuatu demi tercapainya kebahagiaan.
·
Merupakan warisan yang
berniali. Orang bahagia adalah orang bekerja penuh waktu untuk mewariskan
sesuatu yang bernilai dan berharga.
Kesimpulannya,
orang yang bahagia adalah orang yang terus menerus berbuat kebaikan atau
kebajikan. Syarat kebahagiaan atau segitiga untuk kebahagiaan meliputi :
1. Ridho Allah
2. Membahagiakan
orang lain
3. Menyempurnakan
pekerjaan
Perbuatan
baik adalah perilaku seseorang terhadap orang lain, terhadap lingkungannya, bagaimana
ia memperlakukan orang lain dan makkhluk lain. Artinya, bagaimana seseorang
bersosialisasi, bagaimana ia mengendalikan dirinya, bagaimana ia berdamai
dengan lingkungannya.
Stres, SUPERNOL dan
ALISSA
Stres
adalah suatu keadaan atau tantangan yang kapasitasnya di luar kemampuan
seseorang. Stres sifatnya individual, dan bisa terjadi setelah orang mengalami
depresi atau keadaan tertekan terlebih dahulu. Dari segi agama, setres atau
kecemasan adalah hal yang wajar karena itu merupakan ujian yang dating dari
Tuhan.
Gejala
stress akan muncul dengan jelas dan sangat bergantung pada bagaimana seseorang
merespon pada stressor ( pemicu stress ). Cara anda mempersepsi stressor
merupakan kunci utama mengatasi stress. Dengan kata lain bisa dijelaskan bahwa
stres atau kecemasan tinggi bisa terjadi karena manusia begitu kuat dalam
mengejar keinginannya serta kebutuhannya dengan menggunakan segala kekuatan dan
potensinya. Sementara manusia lupa bahwa disamping kesempurnaannya manusia juga memiliki keterbatasan.
Stres
menurut para pakar :
1. Vincent
Cornelli
Stres
adalah gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh perubahan dan
tuntutan kehidupan.
2. Grant
Brecht
Stres
bukan karena apa yang terjadi tetapi bagaimana kondisi kita bagaimana memandang
peristiwa itu dan bagaimana kita meresponnya.Kesimpulannya stress tidak selalu
bermakna negative. Kierkegaard mengatakan bahwa kecemasan adalah sesuatu yang
agung, begitu juga apa yang dikatakan oleh Heidegger bahwa stress adalah akses
istimewa. Stress mampu mengantarkan manusia menemukan dirinya, memahami
dirinya, menyadari jati dirinya.
Nama : Anisa Oktafiyanti
NPM : 201214500215
SUPERNOL
SUPERNOL bisa mengandung dua
pengertian. Pertama, mengelola stres
dengan meng NOL kan diri, bukan berarti kosong, tetapi dalam kondisi NOL,
manusia akan menjadi sadar bahwa dia:
Ø Bukan
siapa-siapa
Ø Tidak
memiliki apa-apa baik itu harta,kemampuan,kekuatan,dan lain-lain. Karena semua
di tangan TUHAN.
NOL adalah simbol yang
istimewa,bila ditempelkan di angka lain, nilainya menjadi sangat tinggi, tetapi
bila dikalikan berapa saja hasilnya tetap nol. Menurut Sang Budha, manusia
dalam hidupnya sangat terikat pada dunia. Dengan meng NOL kan diri, manusia
akan tiba pada titik “ bebas dari keterikatan,membawa kebebasan dari
penderitaan”.
Pengertian kedua, SUPERNOL adalah singakatan dari :
v SU : SpiritUal
v PE : Perasaan
v R : Rasio
v N : Nutrisi
v OL : Olahraga
Hilangnya
sentuhan spiritual dalam berbagai kegiatan ritual keagamaan ( seperti : dzikir
akbar dilapangan luas dengan pakaian serba putih, dan lain-lain) memicu
berkembangnya pelatihan-pelatihan mind-body
therapy
ALISSA
Metode
ini dikemukakan oleh Dr. Taufik Pasiak, dengan singkatan dari :
A :
Amankan kepala dan otak
L
: Jalankan Latihan rutin
I :
Infonut (informasi dan nutrisi)
S :
Sosialisasi (termasuk di dalamnya stres,konflik,dan komunikasi)
S :
Santai
A :
Aku mencintai (merujuk ke spiritual)
Dengan
kata lain ALISSA dapat juga diartikan sebagai 4R , yaitu:
1) Raga
(fisik)
2) Rasio
(pikir)
3) Rasa
(emosi)
4) Ruh
(spiritual)
Berikut
ini uraian dari ALISSA:
A
– Amankan, artinya jaga terus keselamatan otak sejak dini hingga akhir hayat.
L
– latihan fisik biasanya disebut olahraga, dengan olahraga akan dapat
melancarkan sirkulasi darah dengan memompa jantung yang menyuplai darah ke otak
karena otak memerlukan oksigen. Mencegah otak menjadi ‘tua’ (kerusakan
degeneratif sel – sel sarafnya).
I
– informasi dan nutrisi. Terdapat sejumlah informasi yang mampu mengembangkan
otak, yaitu yang sifatnya: menantang (misalnya, sesekali menuju ke kampus
ditempuh dengan jalan kaki), baru (belajar bahasa asing), bermakna (melakukan
kegiatan sosial, menyantuni anak yatim),umpan balik (ada penilaian), waktu
(pentingnya dalam memanfaatkan waktu).
S
– Sosialisasi , manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial. ‘ kesendiriannya
‘ akan meminimkan kesehatan otak dan tubuh. Sosialisasi dapat dilakukan dengan
: mengobrol, silaturahmi,berorganisasi, dan berwisata.
S
– Santai , yang termasuk dalam kondisi santai adalah dengan melakukan kegiatan
seni,tertawa,braingym,brainstroming,releksasi.
A - Aku mencintai. Fondasi dari cinta (hakikat
cinta) adalah spiritualitas. Dengan spiritualitas, manusia memiliki dorongan untuk mendapatkan makna
kehidupan. Dengan cinta, manusia mampu menumbuhkan sifat baik seperti :
ikhlas,adil.jujur,pemaaf.
3.
KAHIJA (Dosen Psikologi UNDIP)
Stres
yang tidak ditata akan menimbulkan kerusakan otak seperti : gangguan daya
ingat, tidak mampu konsentrasi, daya tangkap kurang, mudah lelah. Hal lain yang
setingkat beratnya dengan stres adalah konflik dan komunikasi yang kurang
efektif dimana komunikasi efektif adalah kemampuan mendengar yang tinggi.
F.
ISU
Terakhir Tentang Otak
1. Terdapat
perbedaan yang jelas antara otak
laki-laki dan otak perempuan, sehingga banyak perilaku yang juga berbeda
antara laki-laki dan perempuan, perempuan lebih tahan sakit dan menderita dan
sebagainya.
2. Otak
tidak pernah menjadi tua . Makin tua usia seseorang makin matang dalam
berpikir.
3. Fungsi
otak memang dahsyat, tetapi belum semua difungsikan. Hanya sekitar 10% saja
yang telah diwujudkan.
4. Kalau
seseorang mampu memprogram otaknya sendiri, maka dia akan mampu menyembuhkan
sakitnya sendiri.
BAB II
Kesimpulan
Otak adalah pusat system saraf. Otak terbentuk dari
dua jenis, yaitu: glia dan neuron. Dimana otak merupakan organ tubuh yang
berfungsi sebagai pusat control dan kenddali atas semua system di dalam tubuh.
Jika otak kita terganggu maka akan terjadi kelainan pada kita. Biasanya hal
tersebut sering disebut dengan anak yang berkebutuhan khusus. Betapa pentingnya
otak dalam tubuh kita.
Otak laki-laki dan otak perempuan terdapat perbedaan.
Sehingga banyak menyebabkan perbedaan yang terjadi antara laki-laki dan
perempuan. Kalau manusia mampu memprogram otaknya maka dia akan mampu menyembuhkan
sakitnya sendiri.
Daftar
Pustaka
Nur’aeni,M.A, dkk.2012.”Perkembangan Peserta
Didik”.Jakarta:Unindra Press.
Komentar